7 Hal Penting Untuk Diketahui Sebelum Memanfaatkan Jasa Kurir Manado

Mekanisme pengiriman barang menggunakan jasa kurir kini telah berkembang semakin pesat. Perkembangan ini ditunjang dengan berbagai kemajuan teknologi seperti transportasi dan komunikasi. Tentu ini akan memudahkan kamu yang akan mengirimkan barang ke luar kota. Termasuk kamu yang ada di wilayah Manado. Mungkin banyak dari kamu yang seringkali menggunakan jasa kurir untuk melakukan pengiriman barang. Tapi, pernahkah kamu mengamati beberapa faktor sebelum mempertimbangkan terkait jasa kurir Manado mana yang akan kamu pilih.



Ada beberapa faktor yang sebaiknya kamu perhatikan ketika akan memilih jasa kurir. Ini memang terlihat sepele. Namun, sebenarnya banyak berpengaruh terhadap kondisi barang yang akan kamu kirimkan nantinya. Sebaiknya kamu mengamati beberapa hal di bawah ini sebelum mulai memilih jasa kurir Manado yang akan mengantarkan barangmu ke tujuan.

1. Keamanan Barang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah masalah keamanan barang. Masalah keamanan barang ini harus benar-benar dijamin oleh pihak kurir. Ada banyak kasus dimana pihak kurir ternyata justru tidak bertanggung jawab terhadap keamaman barang yang ada. Sehingga justru membuat pihak pengirim barang menjadi rugi. Pastikan jika pihak kurir menyediakan berbagai asuransi untuk barang yang kamu kirim. Apalagi jika barang yang kamu kirim termasuk barang yang berharga. Jangan sampai justru barangmu hilang ditengah pengiriman.

2. Kondisi Barang Dalam Pengiriman

Selanjutnya ada kondisi barang dalam pengiriman. Hal ini mungkin memiliki kaitan dengan poin pertama. Masalah keamanan barang tidak hanya seputar memastikan jika barang sampai namun juga dalam keadaan utuh. Jadi pastikan jika pihak kurir menjamin asuransi untuk keutuhan barang. Umumnya jasa kurir menyediakan beberapa pilihan asuransi untuk barang tertentu. Seperti barang pecah belah, elektronik hingga surat berharga. Biasanya biaya asuransi ini dibebankan kembali kepada pihak pengirim. Namun, ada juga jasa yang menyediakan asuransi tanpa biaya tambahan.

Sebaiknya kamu memastikan hal ini terlebih dahulu sebelum mulai mengirim barang. Apalagi jika barang tersebut adalah barang berharga atau barang yang mudah rusak. Karena untuk pihak yang tidak menyediakan asuransi akan meminta persetujuan dari pengirim tentang pengiriman tanpa asuransi. Tentu kamu tidak ingin barangmu sampai di tujuan namun dalam kondisi rusak, bukan?

3. Waktu Sampai Barang

Waktu barang sampai menjadi hal lain yang harus kamu pertimbangkan. Jika memang dalam kondisi darurat sebaiknya gunakan jasa kurir Manado yang memiliki pilihan paket cepat sampai. Tidak semua kurir memiliki produk paket yang sama. Untuk itu jangan lupa menanyakan terkait pilihan paket yang ada. Sebaiknya sesuaikan pemilihan paket dengan kebutuhanmu. Karena umumnya semakin cepat paket sampai maka biaya yang dibutuhkan semakin mahal.

Untuk kamu yang akan mengirim ke luar pulau atau luar negeri tanyakan juga terkait waktu paling lama sampai. Biasanya waktu sampai untuk pengiriman luar pulau hingga luar negeri bergantung dengan kondisi cuaca. Serta menyesuaikan dengan transportasi yang tersedia.

4. Fasilitas Pengiriman

Fasilitas pengiriman menjadi hal lain yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih jasa kurir Manado. Ini diperlukan agar kamu dapat memilih penyedia jasa kurir yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada beragam fasilitas untuk tiap pengiriman barang. Mulai dari fasilitas asuransi hingga fasilitas bayar di tempat. Perbedaan fasilitas juga bergantung dengan jenis paket yang kamu pilih. Jadi jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu fasilitas paketmu dan sesuaikan dengan kebutuhan pengiriman barangmu.

5. Harga Jasa Kurir

Untuk kamu yang akan mengirim barang dalam jumlah banyak atau barang yang berat tentu harus kamu pertimbangkan masalah harga jasa. Ada jasa kurir yang menyediakan paket dengan harga berbeda untuk setiap beberapa kilo. Biasanya jasa kurir tersebut khusus ditunjukkan untuk ekspedisi paket dengan berat lebih dari paket umum. Waktu sampai paket juga akan berpengaruh pada harga jasa kurir. Karena paket yang waktu sampainya lebih cepat tentu memiliki harga yang lebih mahal.

Jika kamu mengirim barang untuk tujuan bisnis, harga jasa kurir Manado ini perlu kamu perhitungkan. Tujuannya agar kamu tidak mengalami kelebihan biaya kirim. Sehingga kamu tidak mengalami kerugian karena menanggung biaya pengiriman yang besar. Sebaiknya jika kamu rutin mengirim barang ke luar kota, adakan kerjasama dengan Jasa Kurir Manado tertentu.

6. Kualitas Layanan

Masalah kualitas layanan mencakup kelima aspek di atas. Utamanya untuk poin satu hingga poin empat. Pastikan tempat jasa kurir Manado yang kamu pilih memiliki kualitas layanan yang baik. Sehingga barangmu terjamin keamanannya dan kondisinya selama di perjalanan hingga ke tujuan. Waktu perjalanan pun tidak molor tanpa alasan yang jelas. Ini penting, apalagi untuk kamu yang mengirim barang dengan tujuan bisnis. Jangan sampai pelangganmu kabur karena kualitas layanan jasa kurir yang kamu pakai kurang bagus.

7. Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan memiliki hubungan erat dengan kualitas layanan. Jasa kurir dengan kualitas yang baik tentu menghadirkan testimoni yang baik pula. Hal ini dapat menjadi pertimbanganmu dalam memilih jasa kurir Manado.

Kamu dapat menanyakan terkait dengan testimoni kualitas layanan melalui website atau relasi yang pernah menggunakan jasa kurir tersebut. Hadirnya internet juga dapat kamu manfaatkan untuk melihat testimoni pelanggan terhadap jasa kurir tersebut di internet. Namun, ingat untuk tidak menjadikan testimoni sebagai acuan mutlak. Jadikan testimoni sebagai bahan pertimbangan bagi kamu ketika memilih jasa kurir.

Itu tadi adalah beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan ketika akan memilih jasa kurir Manado. Hal-hal di atas dapat menjadi acuan untuk melakukan pemilihan jasa kurir. Jika kamu mengirimkan barang secara berkala sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan kerjasama dengan pihak penyedia kurir tertentu. Adanya kerjasama ini akan memudahkan kamu dalam melakukan pengiriman barang ke depannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Jasa Kurir Manado

Jasa Kurir Manado Dengan Harga Murah, Pengiriman Terpercaya Dan Paling Bisa Diandalkan